Senin, 29 Oktober 2012

QlikView Mampu Melakukan Analisa dari "Big Data" dan "In-Memory"

QlikTech baru saja mengumumkan bahwa akan ada fitur baru di dalam QlikView yaitu, QlikView Direct Discovery yang akan dirilis dalam QlikView 11.2 pada bulan Desember 2012. Dengan fitur ini QlikView mampu mengambil secara langsung ke sumber data yang ukurannya sangat besar, tanpa menyimpannya ke RAM. Metode ini juga memungkinkan QlikView untuk berintegrasi dengan kemampuan in-memory (RAM), sehingga kolaborasi antara in-memory data dengan sumber data yang besar bisa berjalan dengan fleksibel dan efisien untuk kebutuhan analisa bagi para pelaku bisnis. Mungkin ini bisa kita sebut dengan "hybrid model".



QlikView Direct Discovery memungkinkan analisa yang lebih baik terhadap sumber data yang berukuran sangat besar. Dengan diperkenalkannya pendekatan ini, kita bisa dengan mudah membuat suatu associative data model antara data yang berasal langsung dari datawarehouse/database(outside RAM) dengan data yang ada di QlikView(inside RAM/in-memory) menjadi satu data model. QlikView juga mampu mengambil data secara langsung dari berbagai macam sumber data, contohmya Teradata, SAP, AS/400 atau bahkan ke Facebook. Dengan begini kita diberikan kemampuan dalam menganalisa baik data yang langsung dari sumber data ataupun data di RAM/in-memory

Bagaimana menjalankan QlikView Direct Discovery? QlikView developer harus sudah memanggil table tersebut melalui "Edit Script". Di sini diperkenalkan syntax baru untuk mengaktifkan Direct Discovery yaitu 'Direct Select'.

Saya akan jelaskan secara DASAR contoh penggunaan sintaxnya.
Script dibawah ini adalah script yang biasa kita gunakan dalam query ke database melalui QlikView

OrderFactTable:
LOAD OrderID,
LineNo,
OrderQty,
Price;
SQL SELECT
OrderID,
LineNo,
OrderQty,
Price
FROM SandboxDB.Sales.OrderDetails;

Untuk mengaktifkan fungsi Direct Discovery, kata-kata 'SQL' harus kita gantikan dengan 'DIRECT', menjadi seperti contoh dibawah ini:

OrderFactTable:
DIRECT SELECT
OrderID,
LineNo
FROM SandboxDB.Sales.OrderDetails;

*catatan: ini hanyalah penjelasan awal untuk penggunaan Direct Discovery.

Ini adalah video pengenalan awal tentang QlikView Direct Discovery yang diterbitkan oleh QlikTech.

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=Apmv3ioj-80&feature=player_embedded]

Anda juga bisa download informasi tambahan, yaitu:

- Data Sheet

- FAQ

Ingin mengimplementasikan QlikView Direct Discovery? Call me... ;)

2 komentar:

  1. Mas, software QlikView ini free atau gmn ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. free bagi pengguna personal.
      Qlikview server, untuk publikasi dimana end user akan mengakses melalui browser pc atau mobile. Silahkan download qlikview personal edition pada link yang saya sediakan.

      Hapus